Berkunjung Lagi ke Pulau Menjangan

Setelah bertahun-tahun absen, akhirnya balik lagi ke Pulau Menjangan.

Udah lupa juga sih kapan terakhir kali main ke pulau di kawasan Taman Nasional Bali Barat ini. Mungkin lima atau enam tahun lalu, saat masih sering bawa open trip Menjangan, Kawah Ijen, dan Taman Nasional Baluran.

Lama tak singgah, ternyata sudah banyak yang berubah dari Pulau Menjangan. Pulau lebih bersih, dermaga baru, dan kawasan di sekitar Pura Ganesha yang lebih tertata -meski sayangnya dermaga kayu di dekatnya sudah rusak, konon kena ombak besar.

Menyeberang dari Banyuwangi ke Pulau Menjangan

Pasir putih di dekat dermga Pulau Menjangan

Area sekitar pos taman nasional Pulau Menjangan

Dan yang paling penting, terumbu karang dan area snorkeling di Pulau Menjangan sekarang relatif lebih bersih, lebih banyak ikan, terumbu karangnya lebih banyak, dengan beberapa wall yang sepintas lebih cantik dibandingkan terakhir kali saya nyelam di sini beberapa tahun lalu.

Daya tarik Pulau Menjangan memang bawah lautnya. Awal 2011an, banyak yang menyebut Pulau Menjangan seperti kembaran Wakatobi. Spot-spot divingnya pun lumayan banyak, termasuk spot wreck yang mirip di Amed dan Tulamben.

Snorkeling di Pulau Menjangan

Taman bawah laut Pulau Menjangan

Makin banyak diving dan snorkeling spot di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan juga punya arti spesial buat saya pribadi karena di sinilah pertama kali saya belajar dan bisa snorkeling, sekitar tahun 2010 lalu. Kemudian belajar free dive di Lombok, sebelum ketagihan nyelam di bawah lautnya Indonesia timur: Flores, Alor, Raja Ampat.

Jarak yang cukup jauh dari area touristy Bali selatan sepertinya juga membantu terjaganya ekosistem bawah laut Pulau Menjangan. Penginapan dan akses paling dekat untuk kesini adalah dari Pemuteran, Lalang, dan Banyuwangi.

Nemo dan anemon di Pulau Menjangan

Pada trip awal Januari kemaren, saya mengambil rute start dan finish dari Grand Watudodol. Ini pertama kalinya ambil rute via Banyuwangi karena sebelumnya selalu lewat jalur Bali utara.

Bonus yang didapat kalo lewat jalur ini adalah kita bisa singgah sejenak untuk makan siang di Pulau Tabuhan, pulau kecil yang jadi favorit warga Banyuwangi.

Pulau Tabuhan Banyuwangi

Terima kasih untuk team Pulau Menjangan dan Pulau Tabuhan dari Yuk Banyuwangi.

Published by alexjourneyid

Going places off the beaten path.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: